Jumat, 10 Oktober 2008

gimp 2.6 dapat menggantikan photoshop

Sesuaikan ukuran huruf: Perkecil font Perbesar font
foto berita artikel Sebuah produk baru gratisan dari GNU Image Manipulation Program (GIMP) telah hadir dalam versi 2.6, yang menyediakan variasi fitur baru, improvisasi user interface dan juga merupakan peluncuran pertama terutama untuk support Generic Graphics Library (GEGL), sebuah framework edit gambar yang powerful.

GIMP merupakan editor grafis open source yang dapat digunakan di platform Linux, Windows dan OS X. GIMP dibuat hampir mirip dengan kemampuan Photoshop, namun masih ditambah dengan banyak fitur yang membuatnya lebih populer. Memang pada awalnya GIMP memang belum seatraktif Photoshop, namun terdapat fitur yang mungkin bisa menandingi Photoshop seperti GEGL sendiri menawarkan dukungan 32-bpc. GEGL merupakan fungsi yang sering dibutuhkan oleh para desainer professional untuk belajar mengenai kedalaman warna.

Untuk menu Tool Palette Window di GIMP di versi yang lama memang dibuat terpisah, namun untuk GIMP 2.6 semuanya telah disatukan ke dalam satu jendela dokumen. Fitur lainnya dari GIMP 2.6 yang menarik seperti Freehand Selection Tool dan Brush Dynamics.

Terdapat improvisasi fungsi yang penting dari Freehand Selection Tool di GIMP 2.6 yakni telah support dengan polygonal selections dan segmen editing selection. Sedangkan untuk GIMP text tool telah support dengan automatic wrapping dan diikuti dengan area text yang dapat diatur ukurannya. GIMP 2.6 juga memiliki script API yang sudah advanced untuk manipulasi layer teks.

1 komentar:

SAVIRA ANISYA mengatakan...

boljugs nih dicari applicationnya..